Baby Stuff Shopping: Udah Nyiapin Perlengkapan Bayi Apa Aja?

by 22.12 1 komentar
Assalaamualaykum semua...
Alhamdulillah syukur pada Allah atas semuanya yang masih berjalan normal, sehat dan seimbang sampai detik ini. Udah pada do'a pagi petang belum nih? Hehe...
Uma mau cerita tentang weekend kemarin nih. Alhamdulillah Aba dan Uma dikasi rejeki cukup sama Allah untuk mempersiapkan our Lovely Baby Ghazi stuff di hari sabtu kemarin. Sebenernya sih nyicil-nyicilnya uda mulai beberapa bulan sebelumnya. Trus sempet survey-survey juga. Karena kami tinggal di Jogja jadi ya udah belanja-belanjanya di sini sekalian aja, walaupun sempet ragu karena sama ibuk disuruh belanja-belanja di Sragen aja, rumah ortu. But, setelah pertimbangan ini itu, dipikir-pikir gak papalah belanja di sini sekalian, hehe. Sebenernya karena gak sabar pengen punya baby stuff juga sih, kalau harus nuggu pulang kampung rasanya kelamaan, wkwk. Lagian, hampir pasti kalau belanja sama ibuk mah banyak debatnya dan kecewanya, ibu pasti seleranya agak "loyal" gitu kan. Sedangkan Uma dan Aba lebih prefer yang sederhana dan murah-murah aja, coz bayi kan cepet tuh gedenya.

Oke deh, sebelum cerita tentang belanja-belanja yang sabtu kemarin. Awalnya kita sempet survey ke bagian baby stuff-nya Pamela yang di daerah Minomartani. Nah di sana lumayan juga kok, banyak yang murah. Dari sana yang didapet adalah:
1. Ember mandi bayi
2. Kursi mini (untuk mandiin bayi karena denger-denger ibu habis melahirkan gak boleh kelamaan jongkok, rawan pendarahan gitu katanya)
3. Sikat lidah baby
4. Waslap 2 biji
5. Paket mandi dan make-up bayi merk mitu baby (ada sabun 2 in 1, cologne, lotion, tisu bayi dan bedak tabur)
6. Baby cream anti-ruam

Hmm seingat Uma sih cuman itu kemarin yang di beli, habisnya kisaran 150ribuan kayaknya. Agak lupa sih karena uda lumayan lama ini belanjanya. Then, kita juga sempet mampir ngubek-ubek Baby Wijaya yang di Progo. Komplit banget di sana, saran Uma sih, dateng-dateng langsung minta bikin kartu member aja, karena bisa diskon 5% all item dengan hanya 10rb bayar di awal dan berlaku selama setahun. Sayangnya kemarin Uma tahunya uda telat, jadinya gak sempet bikin deh, nyesel dikit sih, tapi gak papa lah, gak banyak juga kok yang di beli di sana. Uma sama Aba ke sana sampe 2x karena yang pertama itu buat beli-beli keperluan Uma, yang kedua baru beli-beli buat dede Ghazi. Nih listnya:

1. 2 BH menyusui
2. Korset Ibu Hamil
3. Baju Hamil atasan bawahan celana longgar

Bener cuma itu sih kayaknya, habisnya sekitar 250rb kalau gak salah. Ya anggep aja segitu deh ya. Next beli di Baby Wijaya yang kedua adalah:

1. Gendongan bayi
2. Selimut Bayi tudung
3. Jemuran bayi
4. Breastpad sekali pake 1 pack (isi 24, untuk 12 kali pemakaian insyaAllah)

Aduh serius dah banyak yang lupa, hehe. Kayaknya sih itu aja, abisnya sekitaran 170rb deh.

Nah trus sabtu kemarin inih (12/09/15) kita mulai ngumplitin semua keperluan dedek di toko bayi grosir rumahan gitu. Ini nih listnya:

1. 1/2 ls kaos kaki bayi 
2. 1/2 ls sarung tangan bayi
3. 1/2 ls baju stelan pendek
4. 1/2 ls baju stelan panjang
5. 1/2 ls celana panjang
6. 1/2 ls celana tutup kaki
7. 1/2 ls celana kacamata
8. 1/2 baju kutung
9. 1 ls baju daleman
10. 1 ls popok kain
11. 3 BH menyusui
12. Topi fluffy
13. Jaket rajut
14. Setelan Jaket+celana+kaos kaki
15. 3 Jumper
16. Perlak
17. Handuk bayi
18. Sedot ingus
19. Gunting kuku
20. Kojong / kelambu bayi
21. Tas bayi set sama bantal guling
22. Sisir bayi
23. 1/2 ls Gurita (yang ini awalnya gak mau beli tapi Aba yang minta beli aja, yauda deh)

Oke, kalau yang sabtu kemarin sih insyaAllah masih ingat semua karena baru 2 hari yang lalu kan. Nah ini semua habisnya sekitar 610rb ajah. Trus pulangnya dari toko bayi kita masih mampir beberapa tempat seperti apotek dan toko kasur buat beli inih:

1. Kasur lipat mini (karena kalau beli kasur bayi lebih mahal)
2. Termometer Digital

Udah sih itu, totalnya 2 itu kalau gak salah 120rb-an. Untuk sementara sih semua list di atas cukup dan gak ada rencana nambah lagi sampe lahiran nanti (kecuali ada kado-kado dan pemberian dari eyang-eyangnya atau keluarga yang lain, hehe). Kalau untuk persiapan menyusui seperti pumping ASI, botol feeding, botol penyimpan ASI, ice gel, cool bag, gitu-gitu belum sih emang soalnya Uma pengennya dede bayi menyusu langsung. Masalah ntar air susunya berlebih atau gimana, ya ntar deh insyaAllah disusulkan untuk beli-beli pasca melahirkan ajah hehe. Lagian jujur ni, Uma belum mahir tentang per-ASIP-an dan terutama ASI pumping, mbuhlah itu. Nanti aja abis proses lahiran kelar baru nanya-nanya ke bidan, hehe.

Kembali ke perlangkapan bayi sebenernya depend on ortu masing-masing sih. Perlengkapan di atas gak wajib atau harus plek begitu, ya masing-masing orang tua kan pasti tahu apa yang dibutuhkan oleh baby-nya toh?! Lagian tergantung latar belakang ortunya juga, kalau memang sangat berada biasanya masih pake beli-beli baby jumper, baby walker, baby stroller, baby box dan ala-ala semacamnya yang diatas ratusan ribu semua, bahkan hingga jutaan, hehe. Ada juga kalau di desa saya mah beli-beli perlengkapan bayi mentok total cuma 500ribu-an gak nyampe. Hah? Serius? Kenapa bisa gitu? Iya, karena di kampung saya emang orang-orangnya masih free banget dari pengaruh dunia luar, jadi orang-orangnya lebih woles alias santai dan yaa bisa dibilang kendala ekonomi juga mungkin. But, so far mereka baik-baik saja juga kok, tanpa keribetan macem-macem ala modern parents sekarang, orang-orang di desa saya tetep bisa merawat, mendidik, membesarkan dan menyehatkan anak-anak mereka hingga dewasa. One of them, tentu saja saya sendiri, hehe.

Kalau ditotal dari kesemuanya belanjaan untuk baby stuff dan pregnant mom berarti habisnya sekitar 1,3juta. Dari baca-baca banyak pengalaman bunda-bunda yang hamil sih, ukuran segitu termasuk masih murah banget dan hemat banget apalagi di tahun 2015 gini. Eh tapi bandingannya sama sesama urban people ya.. Karena kalau dibandingin  sama pengeluarannya orang-orang kampung saya mah mereka pada pingsan kali ngeliat saya belanja segitunya buat bayi hehehe.

So, semoga info di atas bermanfaat ya, buat yang mau belanja-belanja perlangkapan bayi. Pastiin anda tahu apa yang anda dan bayi anda butuhkan, jangan kalap ya...hehe.

Oiya satu lagi, belanja kebutuhan bayi boleh dimulai kapan saja kok, mulai dari trimester pertama udah boleh. JANGAN PERCAYA MITOS-mitos yang gak bener ya bunda. Kasihan dede bunda, masih di perut udah diajarin syirik sama Allah aja -_-

Keep happy while pregnancy! ^^

Mam'o'me

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar:

  1. Kisah dan ulasan tentang persiapan persalinan yang menarik dan layak untuk di jadikan sumber inspirasi bagi ibu muda.

    Kidz Toko Perlengkapan Bayi

    BalasHapus