Pertanyaan Seputar Kehamilan (Bab 1)

by 23.37 0 komentar
Assalamualaykum ummah dimanapun beradah ^_^
Gimana kabarnya hari inih? Biidznillah semoga semuanya sehat, lancar sentosah yaaa...!

Untuk ummah yang lagi hamil, mungkin beberapa posting ini akan sedikit membantu sebagai salah satu referensi pengetahuan selama hamil. Karena beberapa bulan terakhir ini Uma banyak banget nemu pertanyaan-pertanyaan dari para ummah yang modern mom atau urban mom yang kebingungan tentang kehamilan mereka. Nah, kepikiran deh untuk menjadikan seluruh pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan itu ke dalam beberapa postingan di blog ini. Semoga membantu ya...

Eits, tapi perlu digaris bawahi sebelumnya bahwa seluruh jawaban dari posting ini dan beberapa posting berikutnya adalah pure pengalaman pribadi. Karena Uma gak ada basic ilmu kebidanan apalagi kedokteran, jadinya Uma hanya akan menjawab hal-hal umum yang tidak bersangkutan dengan detail ilmu-ilmu yang memang Uma gak berkapasitas di sana.
1. Bagaimana kita tahu kalau kita hamil?

Uma pernah ditanyain ini sama salah seorang temen kajian. Jawabannya, biasanya kita merasa bahwa kita hamil ketika ditandai dengan terlambatnya siklus haid bulanan kita. Nah, dari sana biasanya para ummah langsung beli test pack atau ke bidan untuk memeriksakan kandungannya, apakah benar hamil atau justru penyakit kewanitaan yang berkenaan dengan siklus haid. Tapi untuk beberapa ummah yang siklus haidnya tidak teratur biasanya menandai kehamilannya karena tidak sengaja iseng test pack, atau mengalami beberapa perubahan fisik yang membuatnya memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan.

2. Apakah hasil test pack pasti benar?

Belum tentu. Ada beberapa tanda hamil yang tidak atau belum pasti, dan hasil test pack hanyalah salah satu indikasi yang tidak bisa memastikan seseorang benar-benar hamil. Untuk lebih pastinya, apakah bunda hamil atau tidak, tentunya periksa ke dokter kandungan. Biasanya hasil USG akan menunjukkan "isi perut" bunda, apakah memang ada tanda-tanda kehamilan di sana atau tidak, seperti kantung kehamilan, adanya janin yang berkembang, dan seterusnya.

3. Aku pusing, mual, muntah, bau-bau'an gak enak, diare, dst dll dsb apa aku hamil?

Belum tentu bunda. Mengalami hal-hal yang biasa dialami atau dikeluhkan oleh para ibu hamil tidak serta merta menjadikan bunda juga hamil. Hamil, atau adanya janin yang bertumbuh kembang di dalam rahim bunda memerlukan "kepastian" bukan sekedar hasil raba, hasil kira-kira, atau hasil "perasaan". Untuk menjamin hasil bahwa bunda hamil atau tidak tentunya dengan ikhtiar yang logis seperti pergi ke dokter kandungan atau bidan, jika ingin yang lebih murah beli saja test pack. Jika hasil test pack positif baru segera bawa ke bidan atau dokter kandungan agar bunda diberi penguat kehamilan atau vitamin berupa asam folat. Kalau hasilnya negatif gimana? Bismillah, gak papa bunda :) Bunda masih bisa berangkat periksa ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa kandungan bunda baik-baik saja (tidak mandul, mengalami kelainan/penyakit bawaan, dst) atau bunda juga bisa meminta saran / konsultasi tentang program hamil ke dokter kandungan kan? :)

Rata-rata mereka yang bertanya begini adalah para calon ibu yang memiliki latar belakang pernikahan yang bertahun-tahun tak dikaruniai anak, para calon ibu yang masih muda dan labil di usia di bawah 23 tahun, atau para calon ibu yang beberapa kali keguguran. Karena basic yang sangat bisa berdampak traumatik ke psikologi tersebut makanya beberapa bunda gampang sekali merasa GR (ge-er) bahwa mereka sedang hamil tanpa mau cek dengan test pack atau pergi ke bidan/dokter kandungan. Oh bunda, demi Allah Uma ngerti banget gimana rasanya menanti momongan seperti yang Uma pernah cerita sebelumnya di sini. Tapi oh tapi bunda, berharap berlebihan dengan kege-er-an tak kan mengubah apapun. Ikhtiar adalah hal yang harus ditempuh dengan raga, tak hanya asa. Kalau memang bunda merasakan hal-hal yang "seperti orang hamil" tapi bunda belum test pack dan belum periksa ke bidan/dokter kandungan, ya segeralah test pack atau pergi periksa ke dokter kandungan/ bidan. Apapun hasilnya bunda harus terima dengan syukur karena nikmat Allah ada banyak, tak hanya melulu berupa keturunan. Bahkan keturunan merupakan cobaan lho bun kalau kita tak menjadikannya sebagai investasi akherat kita.

4. Apakah mungkin hasil test pack dan USG / Bidan berbeda?

Sangat mungkin. Meskipun kebanyakan kasus / mayoritas ibu hamil tidak akan mengalaminya, namun perlu diketahui bahwa keduanya yakni test pack maupun USG adalah hasil dari ikhtiar manusia. Alat-alat praktis, canggih dan modern tersebut diciptakan sedemikian rupa untuk mempermudah manusia mengetahui berbagai hasil dengan cara yang lebih cepat. Nah, karena "hanya" merupakan ikhtiar manusia dengan kapasitas ilmunya, makanya sangat mungkin keduanya mengalami kesalahan atau bahkan berbeda hasil. Ada banyak faktor mengapa hasil test pack dan USG berbeda. Misal, bunda test pack hasil positif tapi di USG tidak terlihat kantung kehamilan atau janin sama sekali, atau di bidan saat diraba tidak terasa adanya kantung kehamilan, jadi bagaimana? Berpasrah diri pada Allah bund, dan tentunya tetap ikhtiar dengan cara-cara yang positif seperti ganti ke bidan lain, atau ganti ke dokter lain dengan alat USG yang dimensinya lebih canggih. Bunda juga bisa berikhtiar dengan cara test pack beberapa minggu lagi, dan periksakan USG beberapa minggu lagi. Siapa tahu ada perbaikan hasil dari kedua alat tersebut seiring berjalannya waktu. Karena kehamilan kan seperti kita menanam buah to bunda?! Bulan ini mungkin belum terlihat buahnya, baru kuncup saja, bulan depan siapa tahu sudah berbunga, dan kemudian bertumbuhlah buahnya. Jadi diperlukan kesabaran, keep positive thinking dan tentunya ikhtiar dengan cara-cara positif dan logis.

(Bersambung nih)

Mam'o'me

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar